Monday, March 23, 2015

Pengertian blog


Mengenal Blog




Mungkin sebagian netter sudah tau apa itu blog, tapi bagi para newbie alias pemula mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. sebelum melangkah jauh ke materi Blog ini. terlebih dahulu saya memberikan sedikit pengertian tentang apa itu blog dan jenis-jenis blog itu sendiri.. cekidot.. 


Apa itu Blog...

menurut wikipedia Blog merupakan singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

sedangakan blog dalam istilah populernya ialah Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnyaAdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atauproblogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Jenis Jenis Blog

Blog dapat menjadi beberapa jenis. yaitu
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye). 
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman. 
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. 
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll. 
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). 
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling. 
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain. 
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru. 
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws). 
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi 
  • Blog agama: Membahas tentang agama 
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. 
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu. 
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website. 
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka 
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing 
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog) 
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak 
sumber : wikipedia



About Blog for me..

Dan menurut saya blog itu merupakan karya tulis ataupun diari kita yang tertuang dalam suatu wadah teknologi dimana orang lain di seluruh penjuru dunia bisa membacanya.

karya tulis ini bisa berupa inspirasi, ilmu, informasi, maupun pengalaman pribadi kita, pekerjaan kita maupun yang berhubungan disekitar kehidupan kita.

Blog yang baik adalah yang tidak bertentangan dengan peraturan2 dalam membuat blog. seperti mengandung unsur Sara, pornografi, tidak menjiplak karya orang lain, atau yang lainnya (mudah-mudahan blog saya termasuk blog yg baik ya... :-) )

Dari tulisan tulisan yang kita muat di Blog akan menarik pengunjung untuk membacanya. Tentu saja jika artikel yg ditulis menarik dan banyak manfaatnya buat pembacanya. Dan dari sini kita bisa menghasilkan uang dengan blog tersebut.


Next time saya akan lanjut membahas tentang cara membuat blog.

So... Stay cun di Blog ini ok..


Related Posts

Pengertian blog
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.