Monday, November 20, 2017

JENIS JENIS KERTAS KARTON TEBAL UNTUK PERCETAKAN



Karton mempunyai ketebalan yang melebihi kertas-kertas pada umumnya. Beratnya bisa mencapai lebih dari 200 g/m2. Bahan dasar pembuatan karton tebal adalah pulp, baik itu pulp organik maupun sintetis. Sisa produksi kertaspun juga dapat didaur ulang menjadi karton.

Tak hanya berfungsi sebagai tempat makanan, karton juga banyak digunakan untuk bahan pembuatan kartu pos, remi, dan lain sebagainya. Daya tahan karton lebih tinggi dari kertas biasa. Selain itu, karton juga cukup eco friendly karena mudah didaur ulang.


Jenis Karton Tebal


Ada berbagai macam jenis karton tebal, antara lain:


  1. DUPLEX


Anda mungkin pernah melihat salah satu jenis karton tebal ini. Karakteristiknya sangat mudah dikenali, yakni memiliki satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu-abu.

Biasa digunakan untuk pembuatan box packaging dan alas buku jenis nota. Harga kertas duplex yang relatif murah daripada kertas lainnya dengan gramasi sekitar 250 gr, 310 gr, 350 gr, dan 400 gr.


2. IVORY





Nah jika Anda menginginkan jenis kertas karton tebal yang aman untuk box packaging makanan, gunakanlah ivory. Tidak seperti duplex, ivory punya dua sisi dengan warna yang sama. Hanya saja teksturnya berbeda. Satu sisi bertekstur halus (glossy) seperti artpaper, sedangkan sisi lainnya sedikit kesat seperti HVS.

Banyak orang memilih menggunakan ivory sebagai box packaging makanan karena kesan eksklusif yang ditampilkannya. Selain itu, ivory tidak berbahaya bagi makanan yang dikonsumsi. Gramasi ivory berkisar antara 250 gr, 300 gr, dan 350 gr.


3. ART PAPER



ArtPaper punya ciri khas pada tampilannya, yakni kedua sisinya semi kilap dan halus. Umumnya jenis karton tebal ini digunakan untuk mencetak majalah, brosur, bahkan box packaging.

Kesan kilapnya membuat tampilan packaging makanan misalnya tampak lebih elegan dan eksklusif. Ketebalan artpaper antara 150 gr, 210 gr, 310 gr, dan 400 gr.


4. YELLOW BOARD



Yellow board cukup tebal dibandingkan kertas karton lainnya. Ketebalan kertas ini dibedakan dengan sebutan YB 25, 30, dan 40. Penggunaannya antara lain untuk membuat undangan hard cover, box souvenir ataupun box cincin.

Demikianlah beberapa kertas karton tebal yang biasa di gunakan untuk percetakan yang dapat saya sampaikan. Mungkin sobat-sobat ada yang mau menambahkan atau memberi koreksi, silahkan beri masukkannya di kolom komentar, Terimakasih.

Related Posts

JENIS JENIS KERTAS KARTON TEBAL UNTUK PERCETAKAN
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.