Tuesday, March 10, 2015

Internet Marketing




Belajar internet marketing atau yang biasa dikenal dengan berjualan dan mencari uang di internet telah menjadi tumpuan hidup sebagian masyarakat pada saat ini. Peminat dari internet marketing setiap waktunya terus meningkat. Pendapatan dari internet marketer bisa melebihin pendapatan para pegawai negeri, dan hal inilah yang membuat masyarakat ingin untuk belajar internet marketing.


Lantas, apa sebenarnya internet marketing tersebut ? Secara sederhana internet marketing dapat kita artikan sebagai suatu bisnis di internet yang mencakup promosi, branding penjualan, dan intinya mendapatkan uang di internet. 



Beragam keuntungan dari internet marketing yang telah dirasakan oleh para internet marketer. Hanya dengan menyewa komputer warnet pun kita sudah bisa menjalankan bisnis internet marketing tersebut, mudah kan ? Beberapa keuntungan internet marketing yang telah terbukti :

Modal yan dibutuhkan minim.
Proses promosi lebih murah dan mudah.
Peluang bekerjasama lebih banyak.
Omzet penjualan terbukti meningkat.

Contoh website Internet Marketing :

1. Amazon.com – situs jual beli onlie terbesar di dunia ini didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994. Dulu amazon.com hanyalah toko buku online, kini amazon.com telah menjadi toko online ritel dunia denganberagam produk yang tersedia. Setiap harinya amazon.com dikunjungi lebih dari 2 juta pengunjung, waaww….

2. eBay.com – ebay.com didirikan pada tahun 1995, 1 tahun lebih mudah dari situs amazon.com. Ebay.com juga merupakan perkembangan internet marketing. Situs ebay.com kini telah beroperasi di 30 negara di dunia sebagai situs lelang terbesar di dunia.

3. Lazzada.co.idLAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA_Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dll



Itulah 3 contoh situs online yang memberikan sedikit wacana internet marketing yang berkembang pesat. Dan masih banyak lagi situs online seperti amazon dan ebay.com .


Tipe – Tipe Internet Marketing – Ide Untuk Berbisnis di Internet


Pada bagian ini saya akan memberikan beberapa tipe – tipe dari internet marketing yang dapat anda jadikan sebaghai sebuah ide memulai internet marketing itu sendiri.

1. Membuka Toko Online

Ini adalah tipe internet marketing yang umum dan cukup dikenal pada saat ini. Bila anda tertarik untuk membuat toko online, produk adalah hal utama yang harud dimiliki, baik itu produk berupa barang ataupun jasa. Namun, bila anda tak memiliki produk anda masih bisa untuk menjadi reseller atau dropshiper dari para suplier.

Anda atau teman anda memiliki jajanan burger sehat ? Ayo segera buat toko onlinenya. Memiliki produk baju olahraga, alat olahraga, alat musik, sepatu olahraga, sepatu kantor, atau memiliki spare part motor ? Ayo buat juga toko onlinenya. Memiliki suatu keterampilan pun bisa dibuatkan toko onlinenya, anda bisa membuat les online menjahit, les online bermain gitar atau les online bermain piano. Asik kan ?

2. Berjualan di Media Sosial

Selain dengan membuat toko online, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran online anda. Gunakan saja media sosial yang terkenal pada saat ini, seperti facebook, twitter, youtube, dan google plus untuk berjualan. Tentunya agar pengguna media sosial tertarik dengan jualan anda, buatlah kalimat promosi yang menarik serta produk yang didagangkan juga menarik. Serba menarik deh pokoknya…

3. Berjualan di Forum Online

Tipe ketiga dari Internet Marketing ver tulisbaca.com adalah berjualan di forum online. Saat ini telah banyak forum online hadir di Indonesia. Forum online dengan forum jual belinya yang cukup terkenal seperti FJB kaskus, forumjualbeli.com, dan eocommunity. Pada forum – forum tersebut anda bisa memajang katalog produk anda. Dan jangan lupa untuk memperhatikan peraturan forum sebelum berjualan, karena beberapa forum mewajibkan anggotanya untuk aktif berdiskusi sebelum berjualan.

4. Publisher Online

Ini adalah tipe internet marketing yang diminati oleh para blogger. Yang mana bila menjadi publisher online kita tidak harus memiliki produk. Dengan kemampuan menulis dan membangun blog yang berkualitas kita sudah bisa untuk mejadi seorang publisher online.

Beragam perusahaan dunia yang memiliki mitra dengan jutaan advertiser untuk memasang iklan para advertiser tersebut di blog milik publisher. Seperti, google adsense, admob, chitika, dan adschoices.

5. Email Marketing

Ini adalah tipe internet marketing yang mudah dan simple. Hanya dengan email kita sudah dapat berbisnis. Email marketing dapat dibilang cukup efektif mendatangkan pembeli. Anda dapat menawarkan katalog produk anda melalui email kepada calon buyer nda. Anda dapat mengirimkan promosi berupa sales letter atau brosur.

Demikianlah pembahasan Cara Rahasia Belajar Internet Marketing. Pelajari dan praktek itulah kuncinya. Sebenarnya masih banyak lagi tipe – tipe dari internet marketing tersebut yang dapat kita pelajari, tetapi pada artikel ini cukup 5 saja. Pilihlah tipe internet marketing yang sesuai dengan kondisi serta kemampuan anda. Good luck guys !


Terima kasih telah membaca artikel Internet Marketing. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda.

Related Posts

Internet Marketing
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.