Tuesday, March 24, 2015

Pengalaman Jadi Broker Forex

Broker forex ...



hmm.. gue ada pengalaman dikit nih tentang broker forex ataupun trading valas. Dan mungkin aja ini bisa jadi referensi sobat-sobat yang belum tau dunia forex, ataupun yang baru memulai kerja didunia forex.

Dulu sewaktu baru lulus kuliah kira-kira tahun 2005 gue banyak banget bikin lamaran kerja buat perusahan-perusahaan dijakarta, malah sampe cikarang, bandung, bogor pun gue jabanin.  Dimana ada loker disitu gue coba peruntungan gue, karena waktu itu emang susah banget cari kerja apalagi kalo kita ga punya koneksi (menurut gue lho)... Nah kebetulan pada saat itu ada loker di koran, disitu seinget gue ada suatu perusahaan yang membuka banyak loker untuk segala bagian, ada yang untuk bagian Staff, Teknisi, OB, marketing, dll. pokoknya buanyak banget deh tuh perusahaan tsb butuh karyawan. Spesifikasi yang dicari min lulus D1, penampilan menarik, bisa komputer, dan bla..bla..bla.. tadinya gue ga tergiur sama iklan loker tsb, soalnye kenapa tuh perusahaan butuh banyak banget karyawan, jangan-jangan cuma yayasan penyalur aja atau outsourching githu, hmm tapi apa salahnya gue coba aja dulu, toh belum tentu diterima juga.. hehe

sebelum gue kirim tuh lamaran, gue cek dulu lokasi perusahaan tsb. Dan ternyata lokasinya ada di gedung wisma BNI 46, di jalan sudirman. Dan pastinya ente semua juga tau kalo lokasi ntu merupakan lokasi pusat bisnis dijakarta, khususnya buat yang kerja kantoran ditempat gedung bertingkat. Ga bisa kebayang juga gue kalo bisa kerja kantoran kaya githu. bisa jadi exmud (executive muda) bro..

Dan hari-hari berikutnya ternyata gue dapat panggilan di perusahaan tersebut. Langsung aja gue siapin dokumen lain yang diperluin untuk gue bawa besok. 
Gue laju sepeda motor gue pagi-pagi jam 6.00 wib. Karena kalo udah siang dikit pasti kena macet (biasa lha jakarta bro). sampai di tujuan jam 7 lewat dikit. gedungnya ga begitu susah dicari koq, pas udah masuk kawasan sudirman, gue cuma nanya sekali langsung ketemu. gue emang anak jakarta asli bro, tapi ga pernah muter-muter jakarta, soo ga tau jalan. lagian gue juga kuliahnya dijogja, jadi lupa jalan-jalan di jakarta. huehuehe..
Singkat cerita gue lalu nanya sama satpamnya, 

Gue :  Pak apa bener PT. Tiiittt (sensor) bener di gedung ini?
Satpam : bener, itu ada di lantai 18. KTP nya ditinggal mas untuk tanda pengenal.


Ternyata perusahaan itu ada di lantai 18, dan untuk bisa masuk kita harus ninggalin KTP kita dan di tuker dengan tanda pengenal.. ckckc.. bonafit juga nih kayanya perusahaan menurut gue waktu itu. 

Selanjutnya gue nyari lift untuk menuju lantai 18. Ternyata banyak anak-anak muda yang udah ada di depan lift. cowok-cowoknya pada pake dasi, dan ceweknya pada pake rok span dan kemeja yang ditutupin dengan blazer. Tapi ada juga anak-anak muda yang ga pantes pake pakaian gitu. mungkin termasuk gue kali ya.. eiitt.. ga dong, gue dateng kesitu cuma pake kemeja biasa dan celana bahan aja. Ga formil-formil banget kaya mereka.
semua orang tersebut ternyata juga mau ke lantai 18, dan ternyata juga dapat panggilan dari perusahaan itu. 

Sesampainya di lantai 18, ga jauh langsung menuju ke ruangan perusahaan tsb. Dan disitu ternyata udah banyak pelamar-pelamar lain yang sudah datang. Ya maklum lha, buka lokernya aja banyak banget yang dibutuhin, pastinya yang ngelamar juga 10 kali lipat dari yang dibutuhinnya. Semuanya nunggu giliran dipanggil untuk interview dan tes, karena yang menginterview juga banyak jadi gue ga lama pun dipanggil. Gue interview oleh seorang cewek manis, sopan dan bersahaja. Sebut aja namanya bunga (hehehe). Interviewnya ga sama dengan interview-interview lainnnya yang gue jalanin sebelumnya. Klo sebelumnya seperti umumnya interview, seperti tanya jawab aja. Tapi disini gue cuma ditanya tentang satu hal aja. Yaitu apa yang gue tau tentang perusahaan ini... Nah loh..Dalem hati gue jawab " darimana gue tau, lha gue aja baru ngelamar disini.." Tapi karena yang nanya cewek manis dan sopan, terus gue jawab aja " Belum tau mba.." . Dan selanjutnya mba itu langsung ngasih gue sebuah dokumen yang diprint. Yap betul.. dokumen tsb merupakan profil tentang perusahaan itu. Dan lucunya gue disuruh ngapalin isi dokumen tsb. soalnya kalo bos perusahan tsb nanya, nanti gue udah tau jawabannya. disini gue bilang lucu karena kesannya gue mau sidang tugas akhir. yang harus gue apalin dulu sebelum ketemu dosen.. hehehe..
Selanjutnya gue dibawa keruangan khusus,. Didalam ruangan itu ada seperangkat komputer dan seorang laki-laki muda dengan style yang elegan. Ternyata laki-laki tsb adalah mentor gue. Nah kurang lebih 2 jam mentor tersebut ngajarin bagaimana bermain forex. Dengan melihat grafik-grafik dilayar komputer, kita harus tau kapan saatnya melakukan trasaksi yang bener. Dalam arti yang bisa menghasilkan profit buat kita sebagai broker. sebenernya ga susah-susah banget menurut gue sih.. menurut gue kalo item yang kita punya lagi tinggi ya kita jual, dan kalo ada yang lagi turun ya kita beli. simple kan. Akan tetapi inti masalahnya adalah kita dituntut mencari nasabah atau donatur untuk kita kelola uangnya dalam bermain forex. Bisa juga dengan uang dari kita sendiri sebagai broker. Tapi dana yang dibutuhkan ga kecil. sekitar  USD10.000,- atau kalo di kurs rupiahin sekitar 100 Juta waktu itu bro.. glek.. darimana gue dapet uang sebanyak itu, dan mana ada orang yang mau jadi donatur kalo nominalnya segitu.. sedangkan relasi gue aja cuma tukang sayur, tukang ojek, penjaga warnet dan para pengangguran..

selanjutnya mentor tsb interview gue soal minat gue bekerja disitu..  lalu gue balik nanya kalo gue ga dapet donatur bagaimana? apa yang gue dapet dari sini. apa gue dapet penghasilan apa ngga..?. Si mentor menjawab kalo belum dapet donatur ataupun kita ga gunain uang kita sendiri untuk bermain forex, maka kita hanya ikut sebagai team yang terdiri dari empat orang. nanti dana untuk bermain forex dari perusahaan. Dana yang dikasih kalo ga salah sekitar USD100,- Jadi masing-masing broker dapet USD25 untuk bermain forex. keuntungannya dalam bermain forex berupa point. dan poin tsb nantinya sebagai penghasilan kita. Tapi ga seluruh point. Ada perhitungan tertentu, gue lupa cara hitungnya. yang pasti setelah gue hitung-hitung waktu itu, maksimal sebulan gue cuma dapet kurang lebih RP.200.000,-. Busyeett bisa nombok nih gumam gue dalem hati.

Terus gue tanya kalo gaji tetap ada ga? Mentornya lalu jawab kalo soal gaji yang dapat cuma karyawan biasa, seperti OB, Staff akunting, receptionis, satpam dll. Kalo sebagai broker ga ada gaji, cuma komisi. soalnya kalo cuma gaji penghasilan ga bisa meningkat. Lain lagi sama komisi. semakin gede penghasilan dalam bermain broker, ya semakin banyak juga yang kita dapetin. terus mentornya nunjukin orang-orang yang udah sukses disekitar ruangan itu.
Selanjutnya gue kembali ke mba Bunga (cewek cantik pemandu gue), dia bilang kalo dia juga baru sekitar 6 bulan lebih disitu. Dan awalnya juga dari bawah seperti gue. keinginan dia bekerja disitu semakin tinggi karena ingin seperti mentor-mentor yang lain yang sudah sukses diperusahaan ini. Kalo mereka bisa kitapun juga bisa. Mungkin prinsip dia seperti itu. Perkataan dia membuat gue bingung dan Galau (gelisah antar lanjut disitu atau udahan terus pulang). 

Ga terasa ternyata udah jam 12. Terus gue ijin makan siang dulu sama si bunga. Malah gue ajak si bunga buat makan siang bareng gue, tapi dia nolak. dia bilang sebagai senior dia masih harus bekerja mengatur trading forexnya. Nah disini gue simpulkan bahwa sebagai broker dituntut harus bekerja maksimal dilayar komputer, sampe-sampe waktu makan pun ga sempet. Dan pulangnya pun setelah pasar saham tutup. Sekitar jam 7an malam gitu deh. Biar ga rugi katanya sebagai broker.

Pas gue mau beranjak keluar ruangan tersebut, si bunga bilang kalo tas gue harus ditinggal diruangan ini. Ga boleh keluar makan bawa tas. makannya hanya boleh di lobby atau dikantin gedung ini. Dan masuknya pun harus jam 12.30 WIB. Terus gue nanya ke dia kalo gue bawa makan dari rumah gimana? dia jawab "ya harus dibawa ke kantin/lobby makanannya." Busyeett, mau makan aja ribet bener ya.. yaudah karena yang berbicara cewek manis dan sopan lalu gue nurut aja. Gue cuma ambil air mineral gue dari dalem tas. karena emang cuma itu yang gue bawa didalem tas. Pas turun banyak juga karyawan lain yang ikut turun. Prediksi gue yang pada turun semuanya para pelamar-pelamar tadi. Dan mereka pada ngobrolin hal yang sama. Yaitu soal kerja sebagai broker disitu. Karena gue dateng sendiri en ga sama temen, jadi gue cuma ngedengerin mereka ngobrol. Kasihan ya gue.. 

Setelah sampe dilobby, gue langsung mencari kantin atau tempat makan yang sesuai dengan budget isi dompet gue. Di deket lobby tsb yang ada cuma american food, lalu gue tanya sama orang lain, kalo makanan warteg ada ga di daerah sini. Ternyata makanan yang sesuai sama isi dompet gue adanya jauh disebrang sana. Ga tau juga orang itu jujur atau karena dia juga ga tau seperti gue ya. Akhirnya gue berfikir sambil menghisap sebatang rokok dan sebotol air mineral di teras gedung wisma BNI.  Gue ambil kesimpulan untuk pulang aja kerumah, gue ga minat kerja diperusahaan ini. Mau makan aja susah, dan penghasilannya pun ga jelas disini. Langsung aja gue menuju kantor di lantai 18 buat ambil tas gue. Pas lagi mau ambil tas, si bunga negur gue dan nanya kenapa gue malah pengen pulang. kenapa ga nyoba dulu kerja disini sampe sekitar 6 bulan seperti dia. Nah disitu gue perinci sama si bunga. bahwasannya kalo gue kerja disini bisa lebih besar pasak daripada tiang. pengeluaran gue lebih gede dibanding penghasilan gue. Dan juga gue bisa cepet mati karena jarang makan disini. Intinya gue nolak kerja disini karena penghasilan gue disini tuh ga jelas. secara gue ga punya donatur, terus gue dapet apa donk. Sedangkan pengeluaran gue disini bisa terbilang lumayan gede. Bayar Makan plus parkir aja berasa bro. 

Akhirnya dengan berat hati si Bunga pun merelakan gue pergi. Padahal kalo gue tetep bekerja disitu, peluang dia punya downline semakin banyak semakin bagus. dan profit perusahaan pun semakin banyak, karena banyak yang berusaha mencari donatur. Itulah sebabnya di perusahaan itu membutuhkan banyak pekerja. karena dia tidak perlu menggaji para broker, dan para broker tersebut yang mencari donatur dan menghasilkan profit buat perusahaan itu.  jadi perusahaan itu cuma menyediakan sarana dan memfasilitasi para broker aja. Sedangkan kalo banyak broker yang dapet donatur, profit perusahaan semakin besar.

Nah begitulah pengalaman gue bekerja sebagai broker yang kedua kalinya. karena yang pertama kalinya hampir 1 bulan gue bekerja sebagai broker, dan ga menghasilkan keuntungan apapun buat gue. Cape n duit celengan habis mha iya buat ongkos n makan. mungkin saat ini para perusahaan-perusahaan trading forex semakin banyak ya. Namun ga semuanya seperti yang gue sebutin diatas. Banyak juga perusahaan-perusahaan dalam bidang tersebut yang benar-benar terbukti menghasilkan keuntungan bagi para broker dan donaturnya. coba aja para sobat ketik broker forex di pencarian google. Pasti banyak perusahan-perusahaan  yang bermain dalam bidang itu. Malahan ada juga yang menyediakannya secara online. ga perlu repot-repot ke kantor. dari rumah pun bisa asal ada jaringan internet dan softwarenya.


http://fae-zya.blogspot.com/
Pencarian digoogle tentang broker Forex


Pengalaman gue ini waktu itu berbeda jauh sama keadaan sekarang ya. Pada tahun 2005 fasilitas internet belum seperti sekarang (2015).  Dan para pengguna internet juga masih terbatas untuk kalangan atas saja. Lain halnya dengan sekarang, dimana gadget-gadget canggih dengan fitur internet access sudah banyak yang dipunyai sebagian orang. Hotspot wifi pun udah banyak yang gratisan di tempat-tempat tertentu. Jadi perusahaan-perusahaan trading seperti sekarang banyak yang bekerja secara online. Dan banyak temen-temen gue juga ada yang jadi broker. Ada yang sukses dan ada juga yang mental seperti gue. Jadi broker itu seperti main judi menurut gue, kalo uang kita banyak, kesempatan punya banyak penghasilan pun semakin gede. Dan kesempatan bangkrut pun juga ada. CMIIW.

Bahkan ada anak tetangga gue yang baru-baru ini bekerja di perusahan trading seperti itu. Dan dia juga jadi broker. Ya Mudah-mudahan aja dia sukses, ga seperti yang gue alamin ya.. 
Terimakasih gue ucapain buat pembaca yang udah setia baca artikel ini sampe habis. Moga-moga diberi kesuksesan dalam hidupnya. Jangan lupa beri komentar dibawah ya.. Ciaauu..

Related Posts

Pengalaman Jadi Broker Forex
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.

8 komentar

Tulis komentar
avatar
29 July, 2015 14:35

Dulu juga saya pernah mendapatkan pengalaman yang sama namun sekarang saya melakukan trading secara online saja di broker online yaitu www.idnoctafx.com. broker ini sekarang mempunyai minimum deposit yang sangat terjangkau buat klien yaitu hanya dengan menggunakan uang 5$ kita bisa buat akun

Reply
avatar
30 July, 2015 14:07

ia bener mas, sekarang untuk trading online sudah banyak yang hadir, Dan kita bisa melakukan trading online cukup dari rumah sendiri. Terimakasih atas komentar dan masukannya. :)

Reply
avatar
21 October, 2015 12:44

Pengalaman sangat berharga dalam bidang apapun, begitupun dengan forek , sebagai seorang pemula dalam bisnis ini, saya harus mengetahui dengan baik elemen-elemen yang membangun forek tersebut, supaya dapat menambah kepahaman menuju penghasilan yang baik dan konsisten.

Reply
avatar
10 November, 2015 13:29

Trading forex masa kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja berkat Forex Trading for Android and iOS.

Reply
avatar
Anonymous
01 December, 2015 16:04

hati-hati,bnyak broker yang penipu, yang kasih fix spread,komisi nol.jika ada broker yang beri komisi dan fix spread nol hati-hati yahh...bisa bisa dana anda dimainkan broker tersebut. carilah broker yang spread dan komisi ada tetapi yang kecil

Reply
avatar
02 December, 2015 08:21

Ia bener gan, sebaiknya kita harus lebih teliti sebelum terjun ke dunia forex. Banyak sekali modus disuatu bisnis online maupun trading forex saat ini.

Reply
avatar
22 June, 2016 22:16

Thx sudah share pengalamannya,gw soalnya juga di tawari tetangga kerja di forex nih

Reply
avatar
23 June, 2016 08:16

OK. Thanks juga udah berkunjung ke blog ini, moga moga Carlin ngga ngikutin jejak gue.. :)

Reply