Wednesday, March 18, 2015

Cara Membuat Sablon Manual dengan mudah




Sering kita amati berbagai poster baliho atau bahkan stiker yang menempel di beberapa tempat yang sering kita lalui . Dan tak lain adalah sebuah iklan tentang promosi sablon , misalkan saja jasa cetak undangan ,jasa cetak kaos ,dan lain sebagainya . Beberapa di antara orang awam menilai bahwa sablon (tekhnik menyablon itu sulit) ,padahal itu sangatlah mudah dan bisa di pelajari . Jika kita sungkan bertanya pada tukang sablon atau teman yang mempunyai usaha sablonan ,jangan khawatir ,di sini akan saya ungkap tentang cara / tekhnik membuat sablon tanpa ribet . sebelumnya ada beberapa poin penting yang bisa di jadikan sumber inspirasi untuk kamu yang ingin berwiraswasta membangun sebuah usaha kecil kecilan . Simak beberapa uraian di bawah ini .

  • BISNIS . Sangat lah menjanjikan jikalau kamu mempunyai ide untuk membuat sebuah usaha home industri di mana modal yang akan kita pergunakan untuk memulai usaha tersebut sangatlah minim . Kamu bisa inspirasikan bahwa hal ini sangatlah pas untuk pekerjaan saat ini buat mu . Kebutuhan setiap manusia sangat menumpuk dan mempunyai jenjang tersendiri dan berbeda beda nasib tentu nya . Di sela sela sebuah kesuksesan yang akan kita raih nanti,sudah pasti setiap manusia membutuhkan peran orang lain untuk memaksimalkan kualitas kehidupan mereka . Berdasarkan kronologi tersebut bisa kita simpulkan bahwa setiap orang pasti akan membutuhkan jasa sablon . Dari mulai anak kecil sampai dewasa dan lanjut usia ada beberapa contoh kenapa kepastian kebutuhan untuk membutuhkan kasa sablon sudah menjadi bagian dari keharusan di abad sekarang ini . Kamu bisa investasikan kesimpulan contoh yang kamu pikirkan .Jadi jangan khawatir kalau bisnis ini akan gagal . Asalkan tetap semangat 
  • MODAL Tentukan se efisien mungkin sehinnga kota bisa memanajemen dengan matang dan dapat di fungsikan sebagai strategi . Sebab jika di lihat tanpa ada ruang kontrol yang tepat , seorang pengusaha tidak akan berhasil karena manajemen yang berantakan atau rancu . Dengan pola cukup dan sudah tercukupi maka jangan kita membuat pengeluaran yang berakibat sia sia . Jadi kamu harus bisa memanajemen tanpa harus mengendalikan sesuatu yang kurang membangun dalam usaha kamu . 
  • BAHAN . Bahan untuk pengolaan jasa sablon bisa kita dapatkan di toko khusus penjual peralatan sablon . Untuk lebih menghematnya kamu bisa cari i fo dengan tekhnik bertanya tanya dimana letak toko grosir alat sablon paling besar di area sekitar wilayah kamu . Hal ini akan membuat ringan pengeluaran kamu . Jadi manfaatkan dengan cara menghemat . 
  • FISIK . Ini yang akan lebih membuat usaha kamu akan semakin lebih maju joka kita memperhatikan kesehatan fisik kita . Jangan terlalu terforsir dan jangan terlalu lambat bekerja . Jadi buatlah kesan seolah kamu tidak merasa cape ,dan tetap enjoy misalkan banyak konsumen antri di depan rumah kamu nanti . 
  • PEMASARAN . Tak hanya sekedar memasang pamflet papan nama di depan rumah kita , sesekali jika ada waktu senggang , kamu bisa memanfaatkan ruang kosong untuk bercerita kepada teman atau rekan dekat tentang usaha kamu saat ini . Dan buatlah selebaran dan tempelkanlah di area atau tempat yang memungkinkan iklan kita di jangkau secara jelas oleh orang lain atau calon konsumen . 
  • PELAYANAN .Gunakan sistem yang membuat konsumen merasa puas tanpa ada keluhan di belakang . Jikalau pelayanan kita baik ,maka langganan tidak akan lari dari tempat kamu usaha . Dan yang paling penting kamu harus tetapkan nomor handphone sebagai jalur hubung yang cepat . 
  • PERTAHANKAN KUALITAS . Kualitas yang standar akan semakin membuat konsumen jenuh . Oleh karena itu perlu membuat perencanaan tekhnik bagaimana merangkul konsumen dengan trik yang lebih menarik . Contoh saja dengan memberikan bonus souvenir kecil kecilan dlsb . 
  • Kemampuan berfikir untuk memajukan perusahaan kita memanglah sedikit menguras pikiran kita . Akan tetapi hasil yang di dapat tentunya akan semakin maksimal . Baiklah berikut ini langkah yang harus kamu buat sebagai cara atau pengelolaan usaha jasa sablon yang nggak pakai ribet . 

Alat yang di butuhkan adalah :

Screen (ukuran bervariasi) 


Rakel 


Obat Afdruk 




Tinta Sablon ( tinta / pasta warna untuk kaos maupun kertas komplit) 




Hair Draiyer



M3 (cairan pembersih tinta kertas di screen)

Cutter pisau 
Lakban
Minyak Goreng
Busa
Kaca
Kain untuk membersihkan

Cara nya Adalah :
Tuang cairan obat afdruk di belakang screen menggunakan bekas tempat perdana kattu sim card , dan ratakan secara searah dari bagian depan dan belakang.


Keringkan dengan hair drayer sampai kering



Siapkan desain yang telah di print lalu lumasi dengan minyak agar berubah menjadi seperti lertas kalkir lalu tempelkan di atasnya /bagian belakang yang akan di jadikan bagian bawah screen . Jadi dalam posisi di balik .




Letakkan Kaca di atasnya lalu tambahkan busa di bagian dalam , lalu di jemur selama hitungan 3menit 





Setelah itu angkat lalu bagian dari desain di siram air dan lakukanlah penyemprotan pada bagian yang berlubang sesuai desain dengan alat semprot . 



Lalu keringkan dengan menjemurnya di luar rumah . Dan maksimalkan pengeringan dengan menggunakan Hair drayer 



Kemudian tempelkan di bagian samping screen dengan menggunakan Lakban kemudian Bersihkan screen dengan air / m3 (sablon kertas) 



Tuang tinta lalu siapkan media kaos atau kertas 



Langkah terakhir menggaruk dengan rakel secara pelan dengan tinta di taruh di bagian atas lalu tarik kebelakang dan tekan dengan sedikit kekuatan 


Angkat screen dan jadi , langkah terakhir adalah menjemur kaos atau kertas 




Jemur dan cuci kembali sesaat jika cat atau tinta telah mengering . Jangan lupa juga periksa kembali apakah screen ada yang bocor . Jika ada yang bocor segeralah di tambal dengan lakban .selamat mencoba.

1 komentar