Saturday, December 24, 2016

Inilah Penyebab Kuota Internet cepat habis dan solusinya



Saat ini internet sudah menjadi konsumsi wajib bagi para pengguna smartphone, segala aktivitas online cukup menggunakan dari smartphone saja. Dan diperlukan banyak kuota untuk menjalankan berbagai aplikasi. Namun bagaimana jika kuota yang kita punya ternyata cepat habis? , Disini saya akan berikan beberapa alasan mengapa kuota internet cepat habis.
Ketika kuota internet habis, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun putus. Anda tidak bisa mengirim pesan melalui WhatsApp, menelepon via Line, atau mengecek timeline media sosial kawan.
Tanpa koneksi data, hiburan digital pun tak bisa dinikmati. YouTube, online game dengan multiplayer, dan streaming musik tak bisa dilakukan. Smartphone seolah lumpuh total.
Beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket data unlimited untuk mengatasi masalah kuota ini, tetapi tentu saja memiliki keterbatasan. Setelah batas wajar pemakaian paket unlimited tercapai, koneksi akan jadi sangat lambat.
Agar tidak terjebak masalah kuota internet, Anda sebaiknya merencanakan pemakaian data pada smartphone. Misalnya dengan memperhatikan, seperti apakah gaya pemakaian yang sangat berpengaruh pada besaran konsumsi data.

Berikut ini lima hal yang bisa membuat kuota internet Anda cepat habis, seperti dilansir KompasTekno dari Cnet.

1. Unggah ke YouTube


Mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet. Namun, semua ini tergantung pada setting yang diterapkan pengguna dan berbagai faktor lain. Rekaman video beresolusi high-definition (HD) bisa menghabiskan jatah internet hingga 200 MB per menit.
Bayangkan bila setiap bulan Anda mengunggah lima video HD berdurasi 1 menit dan kuota internet Anda hanya 1 GB per bulan. Karena itu, ada baiknya Anda menggunakan koneksi WiFi saja saat ingin mengunggah video seperti ini.

2. Obrolan video


Melakukan obrolan video via Skype atau FaceTime tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan.

Obrolan melalui video, umumnya, mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit. Jika Anda berniat menghemat konsumsi data, sebaiknya kurangi sesi obrolan menggunakan video.

3. Online game


Game, seperti Two Dots atau Words With Friend, tidak memakan banyak kuota internet. Kedua game ini hanya menghabiskan beberapa KB saja per menit sehingga tidak boros.
Namun, game jenis real-time action, seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout berbeda. Dua game yang disebut belakangan diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan semakin meningkatkan konsumsi data.

4. Streaming musik


Layanan streaming musik, seperti Guvera atau Rdio, memang sangat praktis. Anda bisa mendengarkan musik di mana pun asalkan ada koneksi internet. Anda juga tidak perlu menyediakan ruang untuk menyimpan file musik tersebut dalam kartu memori.
Namun, sisi lainnya, konsumsi data membengkak. Bila Anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, Anda sudah menghabiskan 115 MB.

5. Streaming video


Saat ini, ada berbagai layanan streaming video yang memudahkan orang menemukan trailer film terbaru, film utuh, atau sekadar video klip penyanyi favorit. Sebut saja YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu.
Hanya satu hal yang tidak boleh Anda lupa: streaming video merupakan penyerap paling "kejam" terhadap kuota internet. Masalahnya, konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit.

Bila kuota internet yang Anda pilih terbatas, dan Anda terbiasa menonton video-video tertentu secara berulang-ulang, lebih baik simpan file video secara offline.

Internet Indonesia masih dirasa “mahal” dan yang terpenting kuota internet seringkali terbatas. Provider yang menawarkan kuota internet unlimited pun juga membatasi pelanggannya dengan Fair Usage Policy. Karenanya kouta internet pun menjadi “berharga”. Dengan budget membeli kouta internet terbatas maka mau tak mau anda harus benar-benar berhemat menggunakan internet.
Bila anda menggunakan Android, ada beberapa cara untuk menghemat kuota Internet.  Yang perlu anda lakukan adalah menggunakan browser Chrome dan Opera untuk surfing. Atau menginstall aplikasi Opera Max dan Onavo Extend. Sistem kerja browser atau aplikasi tersebut adalah mengkompresi data melalui server Google, Opera dan Onavo.

1. Google Chrome


Fitur Data Compression dapat diaktifkan melalui Settings > Bandwidth management > Reduce data usage. dan pilih On (aktifkan).

2. Opera


Untuk Opera, cara mengaktifkan fitur kompresi data adalah dengan klik logo Opera dan pilih aktifkan Off Road.

3. Opera Mini
Opera Mini awalnya merupakan browser khusus mobile dari Opera Software ASA. Karena dirancang khusus mobile maka Opera Mini sudah mengaktifkan kompresi data secara default. Ada juga sejumlah pengaturan yang bermanfaat misalnya gambar yang tampil bisa berkualitas tinggi, sedang, rendah atau tanpa gambar.



Cara mengatur gambar adalah dari Pengaturan pilih aktifkan gambar hidup atau mati. Dan juga pilih kualitas gambar rendah, sedang atau tinggi.

4. Opera Max


Satu lagi produk dari Opera Software ASA. Opera Max akan mengkompresi data internet yang digunakan oleh aplikasi Android. Tidak sebatas pada kompresi data kala surfing internet di browser. Opera Max mampu mengkompresi data aplikasi atau browser hingga 50 persen. Ketika anda membuka video pada Vimeo atau Instagram misalnya, Opera Max akan mengkompres data video dari katakanlah ukuran asli 1,4MB menjadi 0,6MB atau video 10MB mampu dikompres hingga 3MB. Memang benar kompresi yang dilakukan Opera Max akan membuat kualitas foto dan video berkurang. Namun inilah konsekuensi bila ingin menghemat paket data internet.
Hingga tulisan ini dibuat Opera Max masih dalam tahap beta dan ditujukan untuk wilayah Amerika Serikat.

5. Onavo Extend


Onavo Extend menyerupai Opera Max. Data dikompresi melalui server Onavo. Kekurangan dari Onavo Extend adalah tidak mengkompresi video dan audio. Selain itu Onavo Extend hanya tersedia untuk Android 4.x keatas. Pengguna juga perlu mengaktifkan kembali Onavo Extend setiap kali terhubung dengan internet.
Lepas dari kekurangan yang dimiliki. Onavo Extend dapat mengurangi secara signifikan data email, gambar dan aplikasi yang terhubung internet.


Sumber: Kompas.com,Hptekno.com




Related Posts

Inilah Penyebab Kuota Internet cepat habis dan solusinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.