Sunday, July 5, 2009

Tips Memilih Keyword

Bagi anda yang sedang belajar SEO, Memilih dan menentukan keyword untuk suatu postingan atau blog merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, termasuk saya waktu dulu menentukan keyword untuk blog ini sangat sulit. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih keyword, diantaranya:

  1. Keyword difokuskan kepada apa yang dicari orang selain kepada apa konten/isi
    blog kita.
  2. Keyword juga harus bersesuaian dengan konten blog. Keyword yang tidak nyambung Dengan konten blog bisa dianggap sebagai spam. Misal blog tentang trik sulap tapi keywordnya "MP3" hanya karena keyword "MP3" banyak dicari, tentu hal ini tidak bersesuaian dan kalaupun berhasil dipaksakan pengunjung blog akan banyak yang kecewa karena merasa ditipu, dan ini tidak baik untuk image blog tersebut.
  3. Keyword harus berupa kata atau frase yang banyak dicari orang di situs search engine. Percuma menempati halaman pertama search engine kalau keywordnya tidak populer.
  4. Keyword tersebut sebisa mungkin hanya digunakan oleh sedikit blog atau situs. Semakin banyak situs yang memakai keyword tersebut makin sulit bersaing untuk menempati tahta halaman pertama search engine.
  5. Keyword harus fokus pada apa yang dicari orang, berupa frase yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu umum. contoh: keyword "bisnis internet" akan lebih fokus daripada keyword "bisnis" karena keyword bisnis terlalu umum menyangkut bisnis apa saja. demikian juga jika anda memilih keyword "bisnis internet paling menjanjikan saat ini", terlalu panjang dan sulit menjaring pengunjung. jadi pilihlah yang pas.
Anda juga dapat memanfaatkan tool/situs yang membantu memilihkan keyword seperti situs-situs di bawah ini:

Inventory.overture.com

Di situs ini Anda dapat mengecek seberapa banyak keyword yang akan anda pakai dicari orang dalam bulan-bulan terakhir. Anda juga akan diberikan alternatif keyword yang relevan dan jumlah pencarian untuk tiap alternatif tersebut.

Wordtracker.com

Tool ini sudah dilengkapi thesaurus , yang akan memberikan saran kepada anda tentang keyword yang biasa digunakan oleh orang dalam mencari hal yang berkaitan dengan keyword yang anda berikan. Jadi anda dapat memilih keyword yang lebih tepat dari keyword yang anda masukan.

adwords.google.com

Tool dari google ini yang sebenarnya dibuat untuk para pemasang iklan di adwords google. Tetapi tool ini juga bisa digunakan oleh umum dan sangat berguna untuk memilih keyword yang terbaik, selain itu tool ini juga mencantumkan seberapa ramai persaingan untuk keyword tertentu.

Mudah-mudahan tips ini bisa bermanfaat untuk anda.

Related Posts

Tips Memilih Keyword
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.