Thursday, September 29, 2016

Pengunjung situs menurun karena terkena Banned dari google



Pagi gaes..
Pernahkan sobat-sobat faezya blog mengalami penurunan traffic blog nya hingga drastis..? Misalnya biasanya pengunjung yang datang ke blog atau web sobat sekitar 1000-2000 user tiap harinya, dan tiba-tiba suatu hari kalian mendapatkan traffic blog sobat dengan jumlah user yang minim sekali, pengunjungnya hanya sampai puluhan user saja yang melihat situs sobat… itu bearti blog sobat sedang mengalami penalty sandbox oleh google webmaster. Yang artinya situs sobat melanggar kebijakan dari google webmaster.
Hal ini juga sempat saya alami beberapa waktu lalu di salah satu blog saya. Dan sekarang saya akan uraikan sedikit tentang apa itu penalty sandbox google webmaster, mengapa situs kita terkena penalty sandbox, dan bagaimana cara mengatasinya agar traffic blog kita kembali seperti semula.
Penalty sandbox google webmaster ini adalah pencekalan suatu situs yang melanggar kebijakan google web master atau disebut juga denggan banned google, sehingga google tidak menampilkan situs kita di mesin pencarian no 1 di dunia yaitu google. Tenang saja, penalty ini sifatnya hanya sementara saja sampai kita memperbaiki blog kita dan mengajukan banding istilah hukumnya kepada pihak google webmaster. Dan setelah pengajuan banding itu google webmaster akan mereview kembali situs kita yang terkena banned google tersebut.
Dan beberapa penyebab blog kita terkena banned google webmaster antara lain adalah black hat SEO, melakukan spam, content yang melanggar pedoman google webmaster seperti content porno, content judi, sara dsb, memasang script yang melanggar seperti script pengalihan tersembunyi web ke situs lain (situs redirect), dan juga situs kita telah di retas oleh pihak lain.
Dari pengalaman saya pribadi, pada awal blog saya terkenal penalty sandbox oleh google webmaster, mereka mengirimkan email pemberitahuan kepada saya serta alasan mereka melakukan banned google ke blog saya tersebut.

email banned google dari webmaster


Pada kasus blog saya, banned google terjadi karena blog saya mengandung konten yang membuat pengalihan seluler tersembunyi, yang terjadi ketika situs mengalihkan pengguna yang menggunakan perangkat seluler ke konten lain yang tidak tersedia bagi perayap mesin pencari. Sehingga Tim google webmaster melakukan tindakan pencekalan terhadap blog saya, termasuk menghapus URL dari indeks google.
Lalu bagaimana solusinya? Pihak google webmaster juga mengirimkan cara dan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut pada email yang kita terima. Dan kita tinggal mengikuti pedoman yang di anjurkan oleh tim google sehingga mereka bisa mereview ulang situs kita lagi, sehingga situs kita bebas dari banned google.

Trafiic Menurun karna di Banned Google

Trafiic Menurun karna di Banned Google


Trafiic Menurun karna di Banned Google
Trafiic Menurun karna di Banned Google


Langkah – langka untuk memperbaiki situs kita pada kasus ini adalah mendeteksi pengalihan tersembunyi di situs kita. Yaitu dengan cara :
  • Memeriksa apakah situs tersebut benar-benar di alihkan dengan cara kita menavigasi situs tersebut di perangkat smartphone. 
  • Apakah ada pengguna atau user situs kita yang complain dengan adanya redirect URL di situs tersebut. 
  • Memantau pengguna seluler pada situs kita melalui analisa data situs. Dengan cara melihat rata-rata waktu yang digunakan pengguna seluler di situs kita. 
Dan berikut Solusi yang di anjurkan pihak google webmaster :
  • Memastikan situs kita tidak di retas. Yang bearti ini berhubungan dengan masalah keamanan situs kita sendiri.
  • Melakukan audit pada scipt atau elemen pihak ketiga di dalam situs kita yang melakukan pengalihan atau redirect URL.
  • Hapus script atau elemen yang mengakibatkan pengalihan pada seluler tersebut.
  • Dan menghindari pemasangan script untuk pengalihan seluler tersebunyi di masa mendatang.
Pada kasus blog saya ini, saya segera saja menghapus script yang membuat pengalihan seluler tersebut, karena saya memasang script Pop Up ads berbasis CPM, dimana pengunjung yang membuka blog saya melalui seluler seringkali di alihkan atau di redirect. Kemudian saya mengajukan pertimbangkan ulang ke google webmaster terhadap blog saya.

Untuk anda yang ingin mengecek situs blog anda terkena banned google atau tidak bisa menggunakan dua cara di bawah ini :

1.     Melalui index google yaitu pada search google ketik site: namawebsiteanda.net, jika tidak ada satupun URL situs anda di pencarian google maka kemungkinan situs anda terkena banned google.



Trafiic Menurun karna di Banned Google

2.       Melalui link ini http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/


Trafiic Menurun karna di Banned Google

Trafiic Menurun karna di Banned Google

Trafiic Menurun karna di Banned Google

Nah itulah salah satu penyebab turunnya secara drastis traffic blog kita. Maka itu kita perlu mengetahui dan memperbaiki blog kita apabila blog kita terkena banned google. Dan bagi sobat-sobat blogger yang masih pemula seperti saya, yang memonetize blognya dengan memasang script iklan Pop Ads yang dapat me redirect URL, gunakanlah secara bijak dan cermat agar blog anda tidak di banned google dan tetap ter index oleh google.
Mudah mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat yang belum mengetahuinya. 
Jangan lupa Like Fanpage Faezya blog untuk mendapatkan update info terbaru. Untuk kritik dan saran silahkan sampaikan dikolom komentar…
Happy Blogging..