Friday, November 13, 2015

Mengenal procesor Intel Haswell, Ivy Bridge dan Sandy Bridge





Setiap tahun Intel membuat procesor baru. Perbaikan dari procesor sebelumnya ke generasi selanjutnya. Haswell adalah generasi ke 4, bagaimana dengan generasi ke 3 dari Ivy Bridge. Apakah generasi ke 3 sudah usang, apa beda Ivy Bridge dengan Haswell. Atau memang banyak perbedaan Haswell vs Ivy Bridge dan Sandy Bridge, ternyata tidak juga.

Perbedaan paling penting antara Ivy Bridge vs Haswell vs Sandy Bridge 
Haswell adalah procesor Intel generasi ke 4, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat. 
Ivy Bridge adalah procesor Intel generasi ke 3, memiliki fitur internal VGA (GPU) sedikit lebih lambat. 
Sandy Bridge adalah procesor Intel generasi ke 2, memiliki fitur internal VGA (GPU) paling lambat. 

Secara keseluruhan, ketiganya berbeda kecepatan, antara 5-10% saja.
Untuk procesor Sandy Bridge hanya dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz. Tentu aja kedua generasi baru tersebut lebih cepat. 
Dan procesor Sandy Bridge memiliki slow speed frekuensi lebih rendah. Hanya 1.6Ghz ketika idle dan tetap hemat power. Sedangkan Haswell dan Ivy Bridge sudah dipatok kecepatannya diatas 2.3Ghz atau lebih

Dan bagi anda yg ingin berhemat, bias menggunakan processor lama. Karena harga generasi ke-3 dan ke-2 intel pastinya lebih murah, dengan perbedaan harga bias mencapai kurang lebih $100. Namun ada teknologi yang tertinggal dari Ivy Bridge dan sandy bridge dibanding Haswell.


Tick Tock
Tick adalah pengecilan, procesor baru dibuat lebih padat dengan nm lebih kecil. Tock adalah microprocesor baru. 
Ivy Bridge dikecilkan dari Sandy Bridge. Dari 32nm diturunkan ke 22nm. 
Haswell masih bertahan seperti Ivy Bridge, tapi dibuat sedikit lebih hemat power. Dan khususnya untuk produk procesor mobile memang membutuhkan power yang hemat.

Motherboard Haswell
Ketika pemilik motherboard Sandy Bridge ingin menganti ke Ivy Bridge, cukup mengupdate BIOS untuk motherboard dan procesor. Walau tidak semua motherboard bisa di upgrade. Tapi keduanya memiliki ukuran socket yang sama. 
Socket Haswell berbeda, mengunakan Socket LGA 1150. Sedangkan Ivy Bridge dan Sandy Bridge memakai socket LGA 1155.

Haswell memiliki internal grafik lebih baik.
Fitur ini yang diandalkan Intel, internal VGA lebih cepat dari Ivy Bridge. Memungkinkan pengunaan internal VGA seperti performa VGA ekternal di computer atau notebook. Intel menawarkan Iris dan Iris Pro yang lebih cepat. Walau di prakteknya mungkin tidak sebagus promosi. Perbaikan hanya sekitar 5-10 frame perdetik untuk resolusi 1366x768 di game 3D. Lebih hemat karena VGA berada di dalam procesor.
Internal GPU / VGA di Haswell, paling cepat setara Nvidia GTX 8800GT atau 7600 GT atau HD 3670. Jauh dibawah kemampuan external VGA.

Sumber : http://obengplus.com/



Related Posts

Mengenal procesor Intel Haswell, Ivy Bridge dan Sandy Bridge
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Jika Menyukai artikel di blog ini, silahkan berlangganan via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
15 July, 2016 12:40

informasi yang bagus, salam blogger

Reply